Cup muach..muach

Sabtu, September 13, 2008 8 Comments

Goresan Vektor

Sabtu, September 13, 2008 1 Comments

Rabu, Agustus 13, 2008 1 Comments

INDONESIA RAYA

Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku.
Disanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan Tanah Airku.
Marilah kita berseru "Indonesia bersatu."

Hiduplah tanahku, Hiduplah negriku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya.
Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya.
Untuk Indonesia Raya.

Refrein:
Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Tanahku, negriku yang kucinta.

Indonesia Raya,
Merdeka, Merdeka
Hiduplah Indonesia Raya.

Bait 2:
Indonesia! Tanah yang mulia, Tanah kita yang kaya.
Di sanalah aku berada Untuk slama-lamanya.
Indonesia, Tanah pusaka, Pusaka Kita semuanya.
Marilah kita mendoa, "Indonesia bahagia!"

Suburlah Tanahnya, Suburlah jiwanya,
Bangsanya, Rakyatnya semuanya.
Sadarlah hatinya, Sadarlah budinya.
Untuk Indonesia Raya.

disambung dengan refrein

Bait 3:
Indonesia! Tanah yang suci, Tanah kita yang sakti.
Disanalah aku berdiri menjaga ibu sejati.
Indonesia! Tanah berseri, Tanah yang aku sayangi.
Marilah kita berjanji: "Indonesia abadi!"

Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah putranya,
Pulaunya, lautnya semuanya.
Majulah Negrinya, Majulah Pandunya.
Untuk Indonesia Raya.

OPINI

Jumat, Agustus 08, 2008 1 Comments

Kaum Muda; Now or Never

Yang muda belum boleh bicara...!!!

Sindiran iklan layanan masyarakat oleh salah satu produsen rokok terkenal di indonesia. Kaum muda di negeri ini memang belum boleh (bukan belum bisa_penulis) untuk menunjukan eksistensi dan potensi yang ada dalam dirinya secara maksimal. Kaum muda lebih identik dengan pemula yang masih butuh waktu panjang untuk belajar, sehingga menjadi sosok matang yang mempunyai kapabilitas, integritas maupun loyalitas. Kaum muda juga dianggap sebagai insan yang labil, baik secara intelektual, spritual maupun secara emosional. Sehingga kaum muda begitu dipandang sebelah mata oleh kaum tua (Kaum yang lebih unggul secara umur maupun secara intelektual). Seakan-akan ada jurang pemisah antara umat manusia berbeda generasi ini. Jurang pemisah ini melahirkan generasi-generasi muda yang terpatron oleh dominasi kaum tua yang dianggap lebih tau dan lebih mengerti serta mempunyai pengaruh yang kuat.

Kaum tua memang lebih elegan dan dapat diandalkan ketimbang kaum muda. Namun, sebenarnya yang menjadi perbendaan mendasar antara kaum muda dan kaum tua hanyalah mengenai siapa yang mencoba dan mengalami lebih dahulu. Sehingga masih dapat diperdebatkan bahwa pemikiran kaum tua belum tentu lebih baik dari kaum muda atupun sebaliknya. Oleh karena itu, Kaum tua harusnya lebih banyak memberikan ruang kepada kaum muda untuk bereksperimen. Pemikiran konvensional tentang kaum tua lebih baik dari kaum muda harus disingkirkan agar lahir paradigma baru yang lebih berwarna dalam dinamika kehidupan.

Konsep learning by doing merupakan sulah satu kunci sukses yang harusnya menjadi pegangan kaum muda dalam menjalani kehidupan. Dengan konsep ini pengalaman dijadikan teladan yang nantinya mematangkan kaum muda untuk selalu belajar sehingga menjadi pribadi matang. Namun, yang harus disesalkan adalah mayoritas kaum tua dinegeri ini masih terlalu angkuh dan sombong untuk melihat kemampuan kaum muda negeri ini. Ironis memang ketika kualitas dipinggirkan hanya lewat sebuah persepsi yang merupakan warisan budaya "yang tua selalu benar dan selalu menang". Sehingga pada saat penyambungan tongkat estafet si muda yang kurang jam terbang akan menjadi pemimpin yang prematuer .

Perspektif mengenai kaum muda secara otomatis terbentuk akibat minimnya sumbangsih kaum muda dalam berbagai hal. Kaum muda lebih banyak menjadi bawahan dari pada menjadi seorang pemimpin, kaum muda lebih banyak menjadi orang lapangan ketimbang menjadi konseptor, kaum muda hanya berani meladeni diskusi satu level atau satu generasi, Kaum muda takut salah, Kaum muda hanya berani teriak-teriak, dll. Padahal kaum mudalah yang turut memberikan sumbangsih dalam merebut kemerdekaan. kaum muda juga memberikan sumbangsih dalam penggulingngan rezim suharto. Sekarang di Republik ini entah sudah berapa juta jiwa kaum muda cerdas yang menjadi pengangguran. Padahal generasi muda inilah yang kelak akan melanjutkan tongkat estafet untuk membawa bangsa ini kearah yang lebih baik.

Sudah waktunya kaum muda dijadikan ujung tombak....
Bangsa ini butuh regenerasi untuk tetap berjalan....
sekarang waktunya....
menghapus patronese....
mengedepankan etos, patos dan logos tanpa memperhitungkan usia, karena semua orang bisa saja salah...
kaum mudapun bisa jadi yang terbaik...

Art is reflection from heart

Jumat, Juli 25, 2008 4 Comments

SToRy Of The day

Jumat, Juni 20, 2008 14 Comments

1 + 1 = 11

Secara matematis yang namanya satu ditambah satu memang dua. Tapi lain cerita yang membuat satu ditambah satu bisa menjadi 11. Mau bukti....????

Begini ceritanya....
Satu bulan yang lalu segerombolan orang-orang gak penting yang sedang menghabiskan liburan di pare pergi ke Malang menggunakan sepeda motor. Dengan tujuan mengunjungi Malang Tempo doeloe atau kawasan Malang taoen 760 M sekaligus mengisi weekend dikota bunga tersebut. Rute perjalanan yaitu melewati gunung, menuruni lembah, sugai mengalir indah ke samudera. kayak ninja hatori gitu deh.

Jalan menurun-menanjak serta berkelok-kelok ditemani pemandangan hutan serta hawa dingin pegunungan membuat perjalanan itu menjadi mengesankan seakan-akan berada dinegeri antah berantah. Jalanan yang berkelok-kelok dengan type high speed corner memacu adrenalin untuk saling kejar-mengejar dan salip-menyalip...Layaknya Moto-GP!!!!

sampai di Malang....
Sesuai rencana kita langsung mengunjungi malang tempo doeloe. Memasuki kawasan tersebut kita langsung disuguhkan suasana malang jaman doeloe bangat. mulai dari pakaian, makanan, tarian sampai kesenian-kesenian khas malang. kawasan ini mereflesikan suasana malang zaman dahulu dengan segala kompleksitasnya. kawasan tersebut dibuat sepanjang jalan yang hampir 1 kilometer dan harus ditempuh dengan goyang-goyang lutut alias jalan kaki. suasana yang ramai dan barang2 yang unique dan antik seakan menjadi pelepas dahaga yang menghilangkan semua keluhan.

singkat cerita kita kemalaman...
menerobos dinginnya malam yang menusuk tulang di daerah batu dan sekitarnya membuat sekujur tubuh menjadi kaku. akhirnya layaknya sebuah kisah selalu ada yang tertinggal dan berkesan. hasilnya.....El-meler dari dua hidung yang menjungkirbalikan logika ilmu pasti...dengan hasil angka sebelas.

RENUNGAN

Rabu, Juni 04, 2008 1 Comments

Dimanakah Rasa Malu???

“Iman itu memiliki tujuh puluh cabang lebih, yang paling utama adalah ucapan laa ilaaha illallah (tiada illah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah), dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan rasa malu termasuk salah satu cabang iman.” Sabda Rasulullah (HR Bukhari dan Muslim)

Manusia diciptakan Tuhan sudah disertai dengan cipta, rasa dan karsa. Kali ini yang akan dibahas adalah mengenai rasa, khususnya perasaan yang namanya malu. Malu adalah sebuah perasaan yang pernah dirasakan oleh semua orang termasuk anda (kecuali kalo anda bukan manusia..hiks). Malu adalah suatu perasaan negatif yang akan timbul dari dalam diri seseorang akibat suatu perbuatan yang tidak lazim oleh dirinya sendiri. Rasa ini membuat kita seakan-akan tidak sanggup untuk mengangkat muka untuk melihat indahnya dunia, suatu perasaan yang sungguh-sungguh menyayat hati yang sulit digambarkan.

Malu ternyata tidak selalu berkonotasi negatif yang seakan-akan ada suatu aib yang terbongkar dan menjadi komsumsi publik yang melahirkan perasaan itu. Namun, Malu ternyata juga merupakan alat pengendali sosial yang cukup ampuh. Karena rasa malu dapat menjadi benteng yang menjaga orang-orang melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma yang hidup dimasyarakat (living law). Rasa malu adalah cerminan harga diri seseorang baik secara individu ataupun secara berkelompok. orang-orang yang tidak punya rasa ini pasti dicap sebagai muka tembok yang tebalnya ??? terserah kamu.

Melihat lebih jauh perilaku-perilaku dalam tatanan masyarakat modern Indonesia sekarang sudah mulai jauh dari pemahaman pentingnya rasa malu. Terutama di daerah perkotaan yang banyak menyalahgunakan teknologi. Fasilitas yang seharusnya dijadikan sebagai penunjang yang mempermudah, malah dialih fungsikan menjadi sesuatu yang membuat memori indah menjadi sejarah yang tidak terlupakan. Padahal perbuatan tak senonoh yang dilakukan seseorang tidak hanya menyeret dirinya namun orang tuanya, keluarga besarnya dan semua sanak family. Pertanyaan-pertanyaan siapa orang tuanya??? Asalnya dari mana???secara otomatis mereka harus menerima celaan/aib akibat perbuatan satu orang saja. Hal itu dapat berdampak justifikasi yang belum tentu merupakan suatu fakta. Keluarga itu adalah........!!!

Kompleksitas permasalahan rasa malu ini, sekarang tidak hanya dalam masyarakat biasa saja. Namun, bahkan para pemimpin-pemimpin, pejabat-pejabat negara dan orang-orang yang mempunyai pengaruh besar juga terkena penyakit yang saya namakan "Urat malu sudah putus". Menzolimi orang lain, mengambil yang bukan haknya, melakukan praktek KKN dan sederet perbuatan lain yang seharusnya dapat membuat kepala tertunduk malah dihadapi dengan kepala tegak dengan bantuan beberapa pengacara dengan alasan khilaf atau malah mengkambing hitamkan orang lain. (eh..malah kambing dibawa-bawa).

hmm...sangat sulit membangun suatu tatanan masyarakat yang teratur, tertib, aman, nyaman, tentram dan sejahtera apabila rasa malu sudah kehilangan gigi alias ompong. Kuping-kuping sudah banyak yang terbiasa mendengar sindiran-sindiran yang menyebabkan sumbatan dilubang telinga. orang-orang lebih suka menjadi bolot ketika mendengar sindiran atau dalam bahasa saya "kritik membangun" dengan alibi peduli amat sama orang. Orang-orang lebih senang tertawa diatas penderitaan orang lain.

Akhirnya...saya hanya dapat berdoa...Agar bangsa ini bisa menemukan kembali rasa malu...
semoga...

OPINI

Senin, Mei 19, 2008 7 Comments

Semangat kebangkitan itu sudah 100 taon...
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya

Hari ini tanggal 20 mei, Bangsa Indonesia secara beramai-ramai memperingati suatu moment yang merupakan cikal-bakal lahirnya suatu negara dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). konon menurut sejarah tanggal 20 mei merupakan hari berdirinya suatu organisasi yang di prakarsai oleh pemuda dengan nama "boedi oetomo". Boedi oetomo merupakan suatu organisasi pemuda yang sangat peduli dengan dengan nasib bangsa pada waktu itu yang dipenuhi dengan ketidakadilan. walaupun pergerakan yang dilakukan budi oetomo hanya untuk kepentingan orang-orang jawa, sunda dan madura. namun, hal itu sebagai batu loncatan terbentuknya organisasi-organisasi lain didaerah yang memperjuangkan hal yang sama.

Puncaknya adalah Sumpah pemuda 1928 yang menyamakaan visi seluruh pemuda seindonesia. organisasi pemuda waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond dll. hasil kongres pemuda tersebut sebagai berikut :
PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
KEDOEA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia.

Seratus tahun sudah setelah soetomo dkk memprakarsai semangat perubahan bangsa ini masih saja dalam kondisi terjajah. dimanakah bukti kebangkitan itu???
Bangsa ini masih merupakan negara dengan setengah penduduknya miskin, masih banyak prestasi-prestasi yang hilang, ketergantungan kepada negara lain, mengimpor beras padahal negara agraris, menjadi budak kapitalis dll.

100 taon ini seharusnya dijadikan sebagai momentum untuk merevolusi dan memperbaiki kondisi yang semakin kompeks ini dengan semangat dan komitmen yang pernah dicontohkan oleh para pemuda. Semoga 100 tahun hari kebangkitan bangsa bukan hanya perayaan 100 tahun layaknya ulangtahun yang ke 100 soetomo dkk yg mempunyai cita-cita menghembuskan angin perubahan. Tapi komitmen untuk membangun Indonesia yang baru.....

Kamis, Mei 15, 2008 3 Comments

SObat* Pardon me...........

Kita kenal

Kita bermain

Kita bercanda

Kadang kita saling marah

Tapi kita tetap berhubungan

Ini hidup kita

Sejak kenal hingga sekarang

Makasih untuk tetap menjadi temanku

* Untuk semua teman-teman bloger...now, i'm here

Diskusi

Jumat, Maret 14, 2008 13 Comments

Virgin...Penting gak sih...!!!
Banyak penelitian dan bukti-bukti yang mengungkapkan bahwa banyak sekali gadis-gadis yang sudah tidak virgin lagi!!!Apakah virgin masih merupakan simbol yang harus dipenuhi seorang gadis untuk menjadi pendamping hidup???

Virginity atau dalam bahasa indonesia adalah keperawanan adalah suatu istilah yang menggambarkan seorang wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim atau hubungan seksual. Virginity biasanya merupakan simbol kesucian dan harga diri dari seorang wanita. sehingga Virginity merupakan salah satu tolak ukur dari laki-laki dalam menilai kepribadian seseorang wanita.

Secara fisik perawan ditandai dengan utuhnya selaput dara yang berada pada daerah vagina. Dan hilangnya keperawanan biasanya disertai dengan keluarnya darah dari daerah vagina (tergantung bentuk dan ketebalan selaput dara) saat mengadakan hubungan seksual pertama kali. (http://id.wikipedia.org/wiki/Perawan).

Dalam konteks ini, kehilangan keperawanan yang dibicarakan bukanlah karena faktor yang lain seperti kecelakaan dan sejenisnya, tapi semata-mata karena hubungan sex. Lantas...bagaimana seorang laki-laki menanggapinya???penting gak seorang wanita masih dalam keadaan virgin ketika akan dinikahi???

Bagi yang setuju, virginity tentu sangat penting karena mencerminkan kesucian dan harga diri seorang wanita. Tapi bagi yang merasa tidak begitu penting menganggap cinta, kasih sayang dan kebahagiaan adalah yang terpenting dan semua orang berhak mendapat kesempatan kedua.

WHAT ABOUT YOU.......????

OPINI

Selasa, Februari 19, 2008 8 Comments

KAKI DI KEPALA...KEPALA DI KAKI
Setiap orang ada masanya dan setiap masa pasti ada orangnya...!!!

Menjadi Anak-anak hingga ABG memang merupakan masa-masa yang sangat indah. Kita senangtiasa larut dalam proses pencarian jadi diri yang tak berujung. Namanya juga proses, banyak hal baru yang dicoba mulai dari hal-hal yang positif bahkan sampai ada juga yang negative. Proses itu kemudian berakhir pada persimpangan antara menemukan jati dirinya atau terjebak didalam suatu pergaulan yang tidak jelas.

dJaman sekarang sebagaimana yang dikatakan dJaman edan memang memutar balikan logika. Hal-hal yang dianggap tabu menjadi hal biasa dalam pergaulan dan hal itu juga berlaku dikalangan ABG. Bahkan apabila tidak mengikuti perkembangan dalam hal gaya pergaulan, gaya pacaran dll dianggap kuno alias katrok. Ada perubahan paradigma dalam pergaulan yang menciptakan ABG menjadi layu sebelum berkembang.

Kita sebenarnya terjebak dalam menyikapi perkembangan jaman yang lebih modern. Anak-anak yang seharusnya masih sibuk mikirin sekolah, tugas, bermain dan bercanda dengan seumurannya berubah menjadi sosok yang lebih tua beberapa tahun. Anak-anak sekarang sudah dipusingkan dengan urusan lain seperti kerja, pacaran, sampai-sampai ada juga yang terjebak dalam kehidupan malam.

Kerancuan yang terjadi tidak lain karena peranan media yang dengan leluasa memberikan tontonan yang rata-rata menanyangkan cerita-cerita tentang anak-anak sebagai figur namun memainkan peran yang lebih dewasa. Ada juga cerita-cerita dewasa yang hanya dilabeli BO (bimbingan orang tua), 17+ (17 taon ketas) dll yang pengawasannya diserahkan keorang tua. Bahkan sangat Minim sekali acara-acara yang mengakomodir kalangan anak-anak, sehingga anak-anak 5 taon sudah bisa menyanyikan lagu "makhluk tuhan yang paling seksi" lengkap dengan desehannya.

Anak-anak menjadi dewasa dalam pemikirannya sehingga membuat mereka mampu melakukan hal-hal yang belum pantas dilakukkan diumur yang masih hijau. Sedih rasanya melihat anak-anak jaman sekarang yang kehilangan masa kecilnya.

**Terpanggil ketika menjadi saksi remaja tanggung yang menjadi bulan-bulanan masa akibat melakukan pelecehan seksual

Cerita

Minggu, Februari 17, 2008 11 Comments

Kabar terakhir dari PARE

Akhirnya saya ada waktu juga maen ke warnet, maklum sibuk bangat(Padahal sok sibuk) n jarak dari boarding house ke warnet 1 KM (betis ampir pecah...!). Oh ya..banyak yang nanya tentang ngapain sih saya ke "Pare". Biar gak tambah penasaran..saya mau cerita sedikit tentang pare. Di pare itu terdapat banyak sekali kursus English. Kalau hanya kursus English saja ngapain sih jauh-jauh ke Pare padahal di jogja juga banyak???

Ternyata yang membuat Pare menjadi unik adalah disini hampir seperti di jogja. Dalam artian banyak sekali yang menimba ilmu (khusus English) dan Orang-orang yang belajar disini berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. pare sendiri dikenal dengan nama kampung English, wajar saja disini banyak tempat kursus dan juga boarding house yang menggunakan english area. sehingga kesehariannya menggunakan bahasa inggris. Tapi Buat orang baru seperti saya lebih banyak menggunakan bahasa tubuh biar gak dapat hukuman (lama-lama bisa bisu...he..he..ketawa sendiri). Jadi buat kamu-kamu yang pengen belajar English sekalian praktek datang aja kesini dijamin pusing...!

BTW..Kemarin saya beli sepeda baru loh...baru beli tapi bukan barang baru. maklum disini sepeda menjadi alat transportasi favorite. Modelnya juga unik kayak di film mengejar mas-mas n harganya cuma Rp.150 ribu. siapa yang mau di bonceng...???

- bersambung -

CERITA

Sabtu, Februari 02, 2008 11 Comments

Malu Bertanya Sesat di PaRe

Memang gak banyak yang tau tentang pare. Pare adalah salah satu kota kecil di Kabupaten Kediri, jawa Timur. Kota kecil yang masih begitu asrih dengan pemandangan sawah, sepeda yang menjadi kendaraan favorit ditambah warga masyarakat yang sangat ramah. Di pare juga mempunyai banyak sekali tempat kursus bahasa inggris yang menggunakan "inggris area". Begitulah informasi yang saya peroleh dari beberapa teman-teman. Atas dasar itu akhirnya saya memutuskan untuk belajar di Pare.

Hanya karena informasi yang begitu terbatas tentang pare membuat perjalanan menuju pare menjadi menyakitkan. Saya berangkat dari jogja dengan Travel menuju kediri jam 09.00 Malam Waktu indonesia jogja dan Sampai di kota Kediri jam 01.50 pagi waktu indonesia kediri. Tragedinya bermula disini... Sumpah!!! supir travel itu nyetirnya dah mirip "sebastian loeb" bikin hati saya ngelarang mata buat merem. wush...wush..kecepatannya selalu diatas 100 km/jam lalu tiba-tiba ngerem dadakan abis itu ngegas lagi...ampun pak saya belum kawin. Selama beberapa jam supir ini berhasil bikin saya membayangkan yang gak-gak.

Sampai di Kediri, Barusan turun dari Travel saya langsung didatangi abang becak yang kebetulan brada disekitar situ dan langsung menawarkan jasanya.
Bang Becak : mau kemana mas?
saya : mau ke Pare?
bang becak : Saya antar ya mas?
saya : berapa ???
bang becak : 40 ribu!!!
saya : Aaaapaaaa...mahal amat pak...!!!emang jauh ya pak???
bang becak : ya...kira-kira 21 kilo dari sini
saya : Gubraaaakkkk...Mampus gw ternyata pare masih jauh. saya pikir cuma 3 kilo doang dari kediri...akhirnya gw bilangin ke bang becak "udah pak jangan nyiksa diri...saya kasihan Tapi saya harus naik apa ke pare". Walaupun raut mukanya agak ngotot buat ngantarin saya ke pare akhirnya nyerah juga. dia lantas nunjuk pertigaan yang kira-kira 300 M buat nunggu bis kearah pare. kalo gitu bapak cukup ngantarin saya kepertigaan itu...kataku. Dalam hati saya "kalo bapak maksa bisa-bisa kita gak nyampe Pare tapi malah kerumah sakit gara-gara betisnya duear"

Udah jam 02 pagi lebih beberapa menit, saya masih kayak orang ilang di kediri. Tapi akhirnya sekitar jam 03 bis yang dinanti akhirnya datang juga (lega hati saya coz saya pikir bisnya lewat jam 5 atau jam 6 pagi). Sekitar pukul 04 saya sampai ditempat tujuan yaitu desa tulung rejo, kecamatan pare, kediri, jawa timur. Kata pepatah "malu bertanya sesat dijalan" tapi mau tanya sama siapa masih pagi bangat untuk bangunin orang-orang (yang ada bisa-bisa saya dikiraain maling). hmm........mau gimana lagi sya ngejalin lagunya peterpan menunggu pagi. kalo udah kayak gini 1 detik kayaknya la...ma.... bangat. Tragis.....

kondisi saya dah mulai parah, mata dah berat bangat seharian belum tidur, perut dah kucruk-kucruk, baterai HP low gara-gara dengarin MP3 semalaman. Hmm...satu jam berlalu serasa setahun akhirnya tempat sepi ini mulai ramai. kalo sudah begini saya harus bergegas mencari kos-kosan biar bisa tidur seharian.

Akhirnya sekitar jam 5.30 derita saya berkurang, saya menemukan tempat untuk ngekos. Lagi-lagi ada aja cobaannya, disini satu kamar harus berbagi untuk tiga orang. kayaknya dalam kondisi seperti saya harus kuat dan tidak boleh protes. Apa yang saya bayangkan ternyata berbeda. Berita gembiranya didesa tulung rejo ada warnet , walaupun ini cuma satu-satunya. Hikmahnya untuk sukses memang butuh sebuah perjuangan. Doakan semoga saya betah disini.

= Bersambung =

Diskusi

Jumat, Januari 25, 2008 5 Comments

HITAM, PUTIH, KUNING, MERAH.....Sama saja


Berawal dari sebuah diskusi mengenai Nabi ADAM AS, sehingga sampailah pembicaraan yang mengarah pada satu titik yaitu RAS. RAS Manusia atau karakteristik manusia adalah ciri fisik luar yang diturunkan secara genetik dan dijadikan sebagai pembeda antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Ras manusia menurut ilmu pengetahuan dibagi menjadi:
1. Ras Khoisan orang Bushmen atau Hottentot dari afrika Selatan
2. Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara Asli, orang Papua, dan orang Australia)
3. Ras Negroid (Kulit Hitam)
4. Ras Kaukasoid (Kulit Putih), dan
5. Ras Mongoloid (Kulit kuning)

Pertanyaam sederhana yang begitu rumit adalah Apabila kita semua (umat manusia) merupakan anak-cucu Adam, Mengapa kita berbeda???

Jawabannya biarlah menjadi misteri...
saya lebih suka membahas dalam dataran kemungkinan. Mungkinkah teori EVOLUSI-nya Charles darwin bisa dijadikan sebagai jawaban, dengan argumen bahwa manusia mengalami proses adaptasi dengan lingkungan yang menyebabkan perbedaan. Jawaban itu menjadi tidak logis ketika orang cina (ras mongoloid) walaupun tinggal di Afrika dia akan tetap berkulit kuning, sebaliknya orang afrika yang tinggal di eropa akan tetap berkulit hitam. Ataukah kemungkinan bahwa Nabi Adam memang manusia pertama dan masih adalagi manusia lain setelah adam yang diciptakan oleh Tuhan dengan pembagian berdasarkan ras-ras yang berbeda agar kita (umat manusia) bisa mengerti akan perbedaan dan bisa saling berbagi. Ataukah kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa dijadikan jawaban.

Lepas dari apapun jawaban dari pertanyaan diatas, muncul lagi pertanyaan yang menjadi kontroversi di seluruh belahan dunia. Mengapa orang afrika harus berkulit hitam, orang kaukasoid harus berkulit putih dan mongoloid yang berkulit kuning??? Mengapa tuhan tidak menciptakan umat manusia hanya dalam satu RAS sehingga tidak ada rasisme/racism???
kembali lagi jawaban pastinya biarlah menjadi misteri...
Saya melihat kemungkinan orang-orang kulit putih lebih baik dibanding orang-orang dari ras afrika yang berkulit hitam. Jika dilihat dari sejarah peradaban dunia, maka orang-orang kulit hitam merupakan budak yang derajatnya sama seperti binatang sedangkan orang-orang kulit putih sudah beberapa kali memimpin peradaban dunia yang dimulai dari yunani kuno, romawi bahkan bangkit kembali dengan renaisense. Namun sekarang semuanya berbalik, sebuah reformasi yang dipelopori nelson mandela menjadikan orang-orang kulit hitam dapat berprestasi. Sehingga banyak muncul tokoh-tokoh kulit hitam yang eksist di persaingan global.

Lepas dari semua misteri akan jawaban-jawaban Tuhan, saya ingin mengajak semua orang untuk berhenti melakukan diskriminasi dan stigma hanya karena perbedaan warna kulit. Kita semua adalah manusia yang punya hati yang bisa tersakiti. NO RACISM

KARIKATUR

Rabu, Januari 09, 2008 16 Comments

SEMUA KARENA ALIA

Kemaren Aq dibilangin ma alia mirip sama guru SMP dia...!!!kontan aja g pake cicil langsung nanya sama nyokap.
Aq : Ma kita punya sodara ada yg jadi guru g?
nyokap : Ada..emang kenapa???
Aq : guru SD,SMP ato SMA??
nyokap : guru SD

hu....ssh...Ternyata Aq cuma mirip doang. Akhirnya biar peristiwa gini g terulang lagi, Aq ngambil inisiatif bikin fotoku jadi karikatur aja...!!!Kebetulan dulu pernah beli buku "Membuat Karikatur dengan photoshop" karya bonnie Soeherman"
karya pertama ternyata jauh bangat dari sempurna...!!!kayak gini hasilnya :
Tapi Aq g putus asa n coba lagi. Pecobaan kedua lebih lumayan..tanganku dah mulai terampil memainkan mouse meliuk2 kayak balapan di sirkuit!!!


Melihat hasilnya dah mulai bagus...aq bikin lagi :


Kata orang memang betul ya...practice make perfect..!!!akhirnya aq persembahkan maha karya..cie..cie..cie..
akhirnya aq mau ngucapin maksih ke alia..kalo bukan karena kamu mungkin buku itu g bakal pernah kubaca..n sekarang aq punya hobi baru bikin karikatur..!!!oh ya..semua gambar dalam karikatur ini adalah aku..!!!itu penting karena pasti ada yang sirik terutama karikatur terakhir..!!