Diskusi

Jumat, Januari 25, 2008

HITAM, PUTIH, KUNING, MERAH.....Sama saja


Berawal dari sebuah diskusi mengenai Nabi ADAM AS, sehingga sampailah pembicaraan yang mengarah pada satu titik yaitu RAS. RAS Manusia atau karakteristik manusia adalah ciri fisik luar yang diturunkan secara genetik dan dijadikan sebagai pembeda antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Ras manusia menurut ilmu pengetahuan dibagi menjadi:
1. Ras Khoisan orang Bushmen atau Hottentot dari afrika Selatan
2. Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara Asli, orang Papua, dan orang Australia)
3. Ras Negroid (Kulit Hitam)
4. Ras Kaukasoid (Kulit Putih), dan
5. Ras Mongoloid (Kulit kuning)

Pertanyaam sederhana yang begitu rumit adalah Apabila kita semua (umat manusia) merupakan anak-cucu Adam, Mengapa kita berbeda???

Jawabannya biarlah menjadi misteri...
saya lebih suka membahas dalam dataran kemungkinan. Mungkinkah teori EVOLUSI-nya Charles darwin bisa dijadikan sebagai jawaban, dengan argumen bahwa manusia mengalami proses adaptasi dengan lingkungan yang menyebabkan perbedaan. Jawaban itu menjadi tidak logis ketika orang cina (ras mongoloid) walaupun tinggal di Afrika dia akan tetap berkulit kuning, sebaliknya orang afrika yang tinggal di eropa akan tetap berkulit hitam. Ataukah kemungkinan bahwa Nabi Adam memang manusia pertama dan masih adalagi manusia lain setelah adam yang diciptakan oleh Tuhan dengan pembagian berdasarkan ras-ras yang berbeda agar kita (umat manusia) bisa mengerti akan perbedaan dan bisa saling berbagi. Ataukah kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa dijadikan jawaban.

Lepas dari apapun jawaban dari pertanyaan diatas, muncul lagi pertanyaan yang menjadi kontroversi di seluruh belahan dunia. Mengapa orang afrika harus berkulit hitam, orang kaukasoid harus berkulit putih dan mongoloid yang berkulit kuning??? Mengapa tuhan tidak menciptakan umat manusia hanya dalam satu RAS sehingga tidak ada rasisme/racism???
kembali lagi jawaban pastinya biarlah menjadi misteri...
Saya melihat kemungkinan orang-orang kulit putih lebih baik dibanding orang-orang dari ras afrika yang berkulit hitam. Jika dilihat dari sejarah peradaban dunia, maka orang-orang kulit hitam merupakan budak yang derajatnya sama seperti binatang sedangkan orang-orang kulit putih sudah beberapa kali memimpin peradaban dunia yang dimulai dari yunani kuno, romawi bahkan bangkit kembali dengan renaisense. Namun sekarang semuanya berbalik, sebuah reformasi yang dipelopori nelson mandela menjadikan orang-orang kulit hitam dapat berprestasi. Sehingga banyak muncul tokoh-tokoh kulit hitam yang eksist di persaingan global.

Lepas dari semua misteri akan jawaban-jawaban Tuhan, saya ingin mengajak semua orang untuk berhenti melakukan diskriminasi dan stigma hanya karena perbedaan warna kulit. Kita semua adalah manusia yang punya hati yang bisa tersakiti. NO RACISM

5 komentar:

geLLy mengatakan...

hmm bnr juga ya..mungkin coz gennya kale ^^o^^

tapi Seperti air yang kita ambil dengan tangan makan yg lain akan terbuang
seperti udara yg kita hirup tak lbh,seperti cahaya yang kita butuhkan

takdir ada yang menentukan,doa N iktiar yang berjalan N seperti itulah kehidupan,apapun itu hargai apa adanya lihat bukan dari bentuk N rupa melainkan hati :)

kembali lagi semua biarlah menjadi misteri,keingn tahuan pasti ada :)N jawaban yg tepat ttp yg Maha Esa

Chy mengatakan...

chy @ gelly : Setuju....
tpi jarang yah yang melihat dari hati n kebanyakan hanya berteori.

PuTLie mengatakan...

saya penasaran... gimana yah wajahnya adam.
Yang pasti semua udah ditakdirkan Tuhan sih :D Biar aja menjadi rahasia ilahi [sinetron banged]. Yang terpenting, kita menjadi manusia yang sebaik mungkin :D

Chy mengatakan...

chy @ pUTLIe : yg pasti Wajahnya Cakep...he,,he,,macam tauu aja.

VEXEL CARICATURE mengatakan...

saya ada tutorial singkat bikin karikatur yang mirip gan.