Diskusi

Jumat, Januari 25, 2008 5 Comments

HITAM, PUTIH, KUNING, MERAH.....Sama saja


Berawal dari sebuah diskusi mengenai Nabi ADAM AS, sehingga sampailah pembicaraan yang mengarah pada satu titik yaitu RAS. RAS Manusia atau karakteristik manusia adalah ciri fisik luar yang diturunkan secara genetik dan dijadikan sebagai pembeda antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya. Ras manusia menurut ilmu pengetahuan dibagi menjadi:
1. Ras Khoisan orang Bushmen atau Hottentot dari afrika Selatan
2. Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara Asli, orang Papua, dan orang Australia)
3. Ras Negroid (Kulit Hitam)
4. Ras Kaukasoid (Kulit Putih), dan
5. Ras Mongoloid (Kulit kuning)

Pertanyaam sederhana yang begitu rumit adalah Apabila kita semua (umat manusia) merupakan anak-cucu Adam, Mengapa kita berbeda???

Jawabannya biarlah menjadi misteri...
saya lebih suka membahas dalam dataran kemungkinan. Mungkinkah teori EVOLUSI-nya Charles darwin bisa dijadikan sebagai jawaban, dengan argumen bahwa manusia mengalami proses adaptasi dengan lingkungan yang menyebabkan perbedaan. Jawaban itu menjadi tidak logis ketika orang cina (ras mongoloid) walaupun tinggal di Afrika dia akan tetap berkulit kuning, sebaliknya orang afrika yang tinggal di eropa akan tetap berkulit hitam. Ataukah kemungkinan bahwa Nabi Adam memang manusia pertama dan masih adalagi manusia lain setelah adam yang diciptakan oleh Tuhan dengan pembagian berdasarkan ras-ras yang berbeda agar kita (umat manusia) bisa mengerti akan perbedaan dan bisa saling berbagi. Ataukah kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa dijadikan jawaban.

Lepas dari apapun jawaban dari pertanyaan diatas, muncul lagi pertanyaan yang menjadi kontroversi di seluruh belahan dunia. Mengapa orang afrika harus berkulit hitam, orang kaukasoid harus berkulit putih dan mongoloid yang berkulit kuning??? Mengapa tuhan tidak menciptakan umat manusia hanya dalam satu RAS sehingga tidak ada rasisme/racism???
kembali lagi jawaban pastinya biarlah menjadi misteri...
Saya melihat kemungkinan orang-orang kulit putih lebih baik dibanding orang-orang dari ras afrika yang berkulit hitam. Jika dilihat dari sejarah peradaban dunia, maka orang-orang kulit hitam merupakan budak yang derajatnya sama seperti binatang sedangkan orang-orang kulit putih sudah beberapa kali memimpin peradaban dunia yang dimulai dari yunani kuno, romawi bahkan bangkit kembali dengan renaisense. Namun sekarang semuanya berbalik, sebuah reformasi yang dipelopori nelson mandela menjadikan orang-orang kulit hitam dapat berprestasi. Sehingga banyak muncul tokoh-tokoh kulit hitam yang eksist di persaingan global.

Lepas dari semua misteri akan jawaban-jawaban Tuhan, saya ingin mengajak semua orang untuk berhenti melakukan diskriminasi dan stigma hanya karena perbedaan warna kulit. Kita semua adalah manusia yang punya hati yang bisa tersakiti. NO RACISM

KARIKATUR

Rabu, Januari 09, 2008 16 Comments

SEMUA KARENA ALIA

Kemaren Aq dibilangin ma alia mirip sama guru SMP dia...!!!kontan aja g pake cicil langsung nanya sama nyokap.
Aq : Ma kita punya sodara ada yg jadi guru g?
nyokap : Ada..emang kenapa???
Aq : guru SD,SMP ato SMA??
nyokap : guru SD

hu....ssh...Ternyata Aq cuma mirip doang. Akhirnya biar peristiwa gini g terulang lagi, Aq ngambil inisiatif bikin fotoku jadi karikatur aja...!!!Kebetulan dulu pernah beli buku "Membuat Karikatur dengan photoshop" karya bonnie Soeherman"
karya pertama ternyata jauh bangat dari sempurna...!!!kayak gini hasilnya :
Tapi Aq g putus asa n coba lagi. Pecobaan kedua lebih lumayan..tanganku dah mulai terampil memainkan mouse meliuk2 kayak balapan di sirkuit!!!


Melihat hasilnya dah mulai bagus...aq bikin lagi :


Kata orang memang betul ya...practice make perfect..!!!akhirnya aq persembahkan maha karya..cie..cie..cie..
akhirnya aq mau ngucapin maksih ke alia..kalo bukan karena kamu mungkin buku itu g bakal pernah kubaca..n sekarang aq punya hobi baru bikin karikatur..!!!oh ya..semua gambar dalam karikatur ini adalah aku..!!!itu penting karena pasti ada yang sirik terutama karikatur terakhir..!!